Kamis, 18 Mei 2017

Mengenal Kerajinan Keras



Assalamu'alaikum para pembaca sekalian ^-^
Kali ini saya akan membahas seputar Kerajinan dari Bahan Keras. Tapi sebelum kita mengenal lebih jauh tentang Kerajinan dari Bahan Keras saya akan memberikan informasi tentang Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras 


Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras
Kerajinan merupakan budaya tradisional yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa. Di antara sejumlah kerajinan Nusantara, ada kerajinan yang tetap mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya, tetapi ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan tuntutan pasar.
Seperti yang sudah dipelajari pada pembahasan sebelumnya, bahwa produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Produk kerajinan dari bahan keras merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras. Beberapa bahan keras yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua.
a.     Bahan Keras Alami
Bahan keras alami adalah bahan yang diperoleh dilingkungan sekitar kita dan kondisi fisiknya keras, seperti kayu, bambu, batu, rotan dan lain-lain.








(sumber: Dokumentasi Kemdikbud)

b.     Bahan Keras Buatan
Bahan keras buatan adalah bahan-bahan yang diolah menjadi keras sehingga dapat digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan seperti berbagai jenis logam, fiberglass dan lain-lain.

 
 (sumber: Dokumentasi Kemdikbud)


EmoticonEmoticon